Selasa, 01 Mei 2018

vitamin Terbaik untuk Kulit Cerah dan Rambut Indah Bercahaya


Siapa yang tak mau punya kulit cerah dan rambut indah? Mungkin Anda sudah melakukan ber
bagai hal demi mendapatkan hal tersebut, mulai dari perawatan salon hingga mengatur pola makan yang baik. Namun, masih juga Anda menemukan bercak kulit kering, bibir pecah-pecah, dan rambut kusam? Mungkin Anda bisa mencoba suplemen untuk kulit berikut ini. 



Suplemen untuk kulit yang Anda butuhkan setiap hari

Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Suplemen dapat membantu penuhi kebutuhan gizi Anda, sehingga baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit dan rambut. Ada beberapa suplemen untuk kulit yang sebaiknya Anda konsumsi, apa saja?

1. Biotin

Biotin merupakan vitamin B yang mendorong kesehatan kulit, saraf, saluran pencernaan, dan metabolisme. Suplemen yang mengandung biotin dapat membantu mengurangi rambut rontok dan mendorong pertumbuhan kuku.

Biotin dapat ditemukan pada beberapa makanan, seperti selai kacang dan pisang. Dosis asupan biotin yang direkomendasikan sebesar 35 mikrogram setiap harinya, yang mungkin sudah Anda dapatkan otomatis dalam menu makan Anda.

2. Ekstrak pakis

Mungkin Anda sudah kenal dengan pakis. Ternyata ektsrak dari sayuran ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehtan kulit. Ya, ekstrak pakis telah diteliti selama hampir 20 tahun lamanya untuk kemampuannya dalam meremajakan kulit.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ekstrak pakis dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Suplemen untuk kulit ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo.

Selain itu, suplemen yang mengandung ekstrak pakis telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi penting pada jaringan kulit. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai dosis yang tepat jika Anda tertarik untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak pakis. Umumnya, dosis suplemen akan bergantung dengan berat badan masing-masing orang.

vitamin kecantikan

3. Zat besi

Tanpa zat besi, maka rambut Anda akan terlihat kusam, tipis, dan kering. Makanya, mineral ini diandalkan sebagai suplemen untuk kulit. Terlebih jika asupan zat besi dalam tubuh tidak tercukupi, kuku menjadi rentan rapuh dan mudah patah. Mineral ini juga berperan dalam mengaktifkan vitamin B di dalam tubuh, sehingga kulit Anda akan tampak lebih bersinar. Baca juga obat Herbal vitiligo

Tak sulit kok untuk mendapatkan zat besi. Anda bisa mentemukannya dalam beragam jenis makanan seperti, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, daging sapi, daging ayam, dan makanan laut.  Namun, konsumsi zat besi berlebihan dan tanpa pengawasan akan menyebabkan kerusakan struktur kulit, layaknya efek radikal bebas.

Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum Anda mengonsumsi suatu suplemen untuk kulit dan rambut.

4. Asam lemak omega

Kandungan omega 3 dalam ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel bermanfaat untuk mengatur produksi minyak dan membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, nutrisi tersebut juga dapat menunda proses penuaan kulit sehingga dapat mencegah keriput.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa EPA, yaitu salah satu jenis omega-3, mampu membantu menangkal sinar UV yang selama ini membuat kulit jadi kusam dan berkerut.

Terlebih lagi, asam lemak omega-3 juga dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar, mencegah rambut menjadi kering, dan menyehatkan kulit kepala. Pastikan Anda mengonsumsi suplemen omega-3 sesuai dengan rekomendasi Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian, 600 mg DHA per hari. Namun, jika anda memiliki riwayat gangguan mood, alergi ikan, diabetes, atau tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Vitamin C

Suplemen untuk kulit dan rambut lainnya adalah vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, membantu menghilangkan ketombe, menghentikan kerontokan rambut, sehingga dapat menyebabkan rambut terlihat lebih tebal.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa seseorang yang rajin mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan E, kulitnya akan tampak lebih bersinar hanya dalam waktu 4 bulan.

Berapa banyak suplemen vitamin C yang perlu Anda konsumsi setiap harinya bergantung pada jenis kelamin Anda. Wanita 19 tahun ke atas sebaiknya mengonsumsi 75 g suplemen vitamin C setiap hari, sedangkan pria berusia 19 tahun ke atas hanya perlu mengonsumsi sebanyak 19 g per hari.

Namun, perlu Anda ketahui, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga dapat menjadi masalah bagi penderita hemokromatosis dan orang dengan penyakit zat besi yang berlebihan.

6. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E merupakan vitamin yang kaya antioksidan sehingga dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat mengarah pada terbentuknya garis halus.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E, rambutnya tumbuh lebih subur daripada pria yang menggunakan perawatan plasebo.

Pada dasarnya, karena vitamin E ini larut dengan lemak, maka sebaiknya gunakan suplemen yang berbentuk gel. Perlu diingat bahwa mengonsumsi vitamin E berlebihan bisa menimbulkan memar di bawah permukaan kulit.

Umumnya, asupan vitamin E yang dibutuhkan tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi beragam makanan yang kaya vitamin E, contohnya seperti alpukat, minyak zaitun, dan gandum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar